Diuji Coba, JLK Wonogiri Butuh Rambu-Rambu Lalu Lintas

Tanggal Berita : 07 Okt 2021

Diuji Coba, JLK Wonogiri Butuh Rambu-Rambu Lalu Lintas

alan Lingkar Kota (JLK) Wonogiri membutuhkan sejumlah rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan para pengguna jalan. Hal ini menjadi evaluasi pada uji coba laik jalan penggunaan JLK pada Kamis (7/10/2021).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, mengatakan uji coba JLK berjalan lancar tanpa ada insiden. Menurutnya, uji coba berlangsung pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Sedangkan kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan barang seperti truk dan juga bus antarkota antarprovinsi [AKAP] kecuali bus jurusan Pacitan-Solo. Rutenya melewati JLK, dari Bulusulur, Pencil, dan Krisak. Panjang rute itu hampir 16 kilometer [km],” ujar dia, kepada wartawan, Kamis.

Waluyo menjelaskan uji coba ini dilakukan lintas sektoral bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Satuan Lalu Lintas Polres Wonogiri. Nantinya, hasil evaluasi uji coba tersebut menjadi bahan kajian yang dilaporkan pada Bupati Wonogiri.

Selain itu, ada beberapa catatan dari Dishub pada uji coba JLK ini. Salah satunya adalah dibutuhkannya rambu-rambu lalu lintas untuk dipasang di JLK demi keselamatan pengguna jalan yang melintas.

Ia mencontohkan perlunya rambu-rambu lalu lintas di titik persimpangan jalan. Saat uji coba, tim gabungan melakukan pengaturan arus lalu lintas di sejumlah titik persimpangan.

Bagaiman pun rambu-rambu ini penting untuk panduan pengguna jalan yang hendak menuju ke tempat tertentu. Misalnya, rambu jalan turunan, tanjakan, dan lain-lain.

“Rambu-rambunya paling penting itu di area rawan longsor di JLK, yakni di jalur belakang Mapolres Wonogiri,” imbuh dia.

Seperti diketahui, tebing tanah di lokasi tersebut longsor sudah beberapa kali. Bahkan, kejadian longsor tersebut sempat menutup sebagian badan jalan. Pihaknya bersyukur uji coba JLK berjalan lancar.

Di sisi lain, terkait pemasangan traffic light atau lampu lalu lintas di titik rawan kecelakaan, pihaknya belum bisa memastikan. Dalam hal ini, Dishub akan melakukan pembahasan lebih lanjut dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lain.

“Hasil uji coba dan sebagai bahan evaluasi kami rembug dengan OPD lain. Dengan demikian, nantinya akan ada keputusan kajian bersama,” ungkap dia.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Marwanto, menambahkan pihaknya menjaga lokasi pengamanan yang sudah ditentukan pada saat uji coba JLK. Hal ini terutama pada persimpangan jalan.

“Selama uji coba tidak ada pengalihan jalan. Namun demikian, kendaraan seperti bus dan truk dibelokkan agar melintas di JLK untuk keperluan uji coba,” jelas dia.

Sumber : https://www.solopos.com



Penulis : Dishub Kab Wonogiri
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Gallery Foto

gratifikasi.jpeg21-11-18_gelar_pasukan.jpg21-11-18_gelar_pasukan_2.jpg21-11-17_pju_2.jpg21-11-17_penertiban_LL.jpghari_pahlawan.jpg
Lihat Semua Foto

Video

Lihat Semua Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kepala Dinas

WALUYO, S.Sos, M.M.
NIP. 196702201988031006

E-Kir Dinas Perhubungan

Polling

Bagaimana menurut anda tentang penyampaian informasi di website ini?
  Sudah sesuai harapan
  Cukup sesuai harapan
  Belum sesuai harapan

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 172 pengunjung
Bulan Ini : 11909 pengunjung
Total: 207570 pengunjung
 
Hits Hari Ini : 654 kunjungan
Total Hits : 752991 kunjungan
 
Sedang Online : 14 pengunjung