185 Orang Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pengemudi Angkutan Umum di Wonogiri

Tanggal Berita : 19 Nov 2020

185 Orang Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pengemudi Angkutan Umum di Wonogiri

Sebanyak 185 orang mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat Pengemudi Angkutan Umum di Kabupaten Wonogiri, Selasa-Kamis (17-19/11/2020). Mereka akan menimba ilmu di bidang transportasi darat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri Ismiyanto S.H., M.H. mengatakan, peserta dibekali kompetensi di bidang transportasi darat secara luas. Sebagian peserta juga merupakan siswa atau lulusan smk, sehingga Diklat itu diharapkan memberi peluang untuk bersaing di dunia kerja.

“Diklat bekerja sama antara Politeknik Transportasi Darat Indonesia dan Pemkab Wonogiri. Lokasinya di SMA 1 Wonogiri. Tenaga pengajarnya dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat Indonesia, Pemkab, dan Polres wonogiri,” katanya saat pembukaan Diklat di pendapa Kabupaten Wonogiri, Selasa (17/11).

Para peserta menjalani tes Swab sebelum mengikuti Diklat. Kegiatan itu juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyakit virus corona (Covid-19).

Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia, Hindro Surahmat mengatakan, Kegiatan itu untuk meningkatkan kompetensi terutama putra-putri yang belum bekerja. Mereka akan memperoleh sertifikat seusai mengikuti Diklat. Sertifikat itu akan menunjukkan bahwa mereka mempunyai kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

“Kementerian Perhubungan diberi tugas pembekalan dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat untuk 155.000 orang. Sedangkan Politeknik Transportasi Darat Indonesia ditugasi Diklat pemberdayaan untuk 4.800 orang. Kami sudah menggelar 18 kali Diklat, dan yang ke-18 ini di Wonogiri,” ujarnya.

Ilmu yang mereka peroleh diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, kecelakaan biasanya berawal dari perilaku berlalu lintas yang tidak memahami tata tertib berlalu lintas.

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tinggi, sekitar 25.000 orang meninggal dunia setiap tahunnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonogiri Haryono mengatakan, para peserta berkesempatan meningkatkan kompetensi untuk membantu mencari pekerjaan sesuai bidangnya. “Biasanya di luar negeri, kompetensi lebih diakui dari pada ijazah, karena keahlian sangat diperlukan di dunia kerja,” katanya.

Diklat tersebut diharapkan menjadikan peserta seperti seorang advance driver atau pengemudi profesional. Tidak hanya berpengalaman tetapi mempunyai ilmu dalam menjalankan profesinya.

 

Sumber : https://suaramerdekasolo.com/



Penulis : Dishub Kab Wonogiri
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Gallery Foto

21-10-13_uji_coba_JLK_2.jpg21-10-12_kadis_memonitor_jalannya_pengujian_1.jpg21-10-07_uji_coba_JLK_1.jpg21-9-24_ASDP.jpg21-9-17_harhubnas.jpg21-9-16_giat_sosialisasi_protokol_kesehatan.jpg
Lihat Semua Foto

Video

Lihat Semua Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kepala Dinas

WALUYO, S.Sos, M.M.
NIP. 196702201988031006

Polling

Bagaimana menurut anda tentang penyampaian informasi di website ini?
  Sudah sesuai harapan
  Cukup sesuai harapan
  Belum sesuai harapan

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 142 pengunjung
Bulan Ini : 9712 pengunjung
Total: 197239 pengunjung
 
Hits Hari Ini : 650 kunjungan
Total Hits : 713805 kunjungan
 
Sedang Online : 16 pengunjung