OBYEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR JADI SASARAN PERCEPATAN PENGUKURAN KAPAL

Tanggal Berita : 15 Agu 2018

OBYEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR JADI SASARAN PERCEPATAN PENGUKURAN KAPAL

WONOGIRI (BeritaTrans.com) – Tingkatkan terus Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Nelayan di bawah GT 7, KSOP Kelas I Semarang, Jawa Tengah gelar Layanan selama tiga hari (13-15/8/2018).

Kegiatan kerjasama antara Dishub Kabupaten Wonogiri dengan KSOP Kelas I Tanjung Mas Semarang ini dilaksanakan di perairan Waduk Gajah Mungkur karena banyaknya pemilik kapal nelayan dan kapal pariwisata yang masih minim pengetahuan tentang pentingnya dokumen surat dan keselamatan kapal.

“Oleh karena itu, Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas melakukan sistem ‘jemput bola’ untuk mempermudah para nelayan dan pemilik kapal wisata dalam pengurusan dokumen kapalnya serta mempercepat proses pengukuran dan pendaftaran kapal yang merupakan persyaratan wajib dipenuhi setiap kapal,” jelas Kepala Seksi Status Hukum Kapal, Kantor KSOP Kelas I Tanjung Emas, Sunarso di Wonogiri, Rabu (15/8/2018).

Menurutnya, bila setelah diukur ternyata Gross Tonase kapal-kapal nelayan tersebut di bawah 7 dan memenuhi persyaratan keselamatan lainnya, maka akan dibuatkan Pas Sungai dan Danau tanpa harus membayar PNBP.

“Pada awal kegiatan ini, telah diukur sebanyak 15 kapal dari Paguyuban Nelayan di Waduk Gajah Mungkur. Dari kapal-kapal yang telah diukur dan telah memenuhi standar keselamatan akan segera diterbitkan surat-suratnya,” imbuhnya.

Sunarso meminta kepada para pemilik kapal nelayan agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk bertanya dan melengkapi surat-surat kapalnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Kementerian Perhubungan membantu para pemilik kapal dalam memeroleh legalisasi hak kepemilikan kapalnya sekaligus akan mempermudah pemerintah dalam pengawasan keselamatan kapal,” tutup Sunarso. (omy)

Sumber : http://beritatrans.com



Penulis : Dishub Kab Wonogiri
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kepala Dinas Perhubungan

ISMIYANTO, S.H., M.H.

Twitter Dishub Kab. Wonogiri

Facebook Dishub Kab. Wonogiri

Polling

Bagaimana menurut anda tentang penyampaian informasi di website ini?
  Sudah sesuai harapan
  Cukup sesuai harapan
  Belum sesuai harapan

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 78 pengunjung
Bulan Ini : 3319 pengunjung
Total: 75859 pengunjung
 
Hits Hari Ini : 200 kunjungan
Total Hits : 240035 kunjungan
 
Sedang Online : 18 pengunjung