LIBUR PANJANG LEBARAN, PELAYANAN MASYARAKAT TETAP DILAKUKAN

Tanggal Berita : 11 Jun 2018

LIBUR PANJANG LEBARAN, PELAYANAN MASYARAKAT TETAP DILAKUKAN
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri ketika melakukan pengamanan kegiatan Sholat Idul Fitri di alun-alun Kabupaten Wonogiri



WONOGIRI – Libur cuti panjang Idul Fitri 1439 H bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemkab Wonogiri, dibakukan mulai Senin (11/6) sampai Rabu (20/6) mendatang. Bahkan bagi dinas dan instansi yang memberlakukan lima hari kerja, mereka telah mengawali liburannya sejak Sabtu (9/6).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo melalui Sekda Suharno menyerukan, agar dinas dan instansi yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat tetap dapat memberikan pelayanan sebagaimana biasa. Caranya, diatur melalui pemberlakukan piket petugas secara bergiliran, agar pelayanan kepada masyarakat tetap dapat terlayani.

Sekda Wonogiri, Suharno, menyatakan, selama berlangsungnya cuti panjang, keamanan perkantoran harus tetap menjadi perhatian. Matikan lampu listrik penerangan ruangan, juga semua peralatan elektronik perkantoran. Hal ini penting untuk menghindarkan ancaman kebakaran yang berkaitan dengan jaringan listrik terpasang. Mobil dinas dapat dibawa pejabat pemegangnya maisng-masing, dengan tetap bertanggungjawab terhadap perawatannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, Dokter Adhi Dharma, menyatakan, rumah sakit pemerintah dan puskesmas diminta tetap dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan memberlakukan piket petugas secara bergiliran. Terlebih lagi, semua rumah sakit dan puskesmas yang berada di lokasi strategis, yang keberadaannya dilibatkan langsung dalam mendukung operasi kepolisian Ketupat Candi 2018.
Penegasan sama, juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri, Sungkono. ‘’Selama libur panjang, kami tetap buka memberikan pelayanan kependudukan kepada warga masyarakat,’’ jelasnya. Utamanya pemberian pelayanan administrasi kependudukan kepada para pemudik yang pulang kampung di saat Lebaran. ‘’Kami hanya libur dua hari pada hari pertama dan kedua Lebaran, yakni pada 15 dan 16 Juni 2018,’’ ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, menyerukan, agar dinas dan instansi di jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Wonogiri, dapat memberlakukan piket para pegawainya, untuk menjaga keamanan kantornya masing-masing. Hal itu penting dalam upaya mengantisipasi munculnya pencurian dengan sasaran perkantoran.

‘’Selama liburan panjang Lebaran, kami dari Satpol-PP aktif melakukan patroli keamanan, termasuk menugaskan personel untuk menjaga pada perlintasan kereta api tanpa palang,’’ tuturnya. Di Wonogiri, tambah Waluyo, setidak-tidaknya ada empat lokasi perlintasan sebidang kereta api tanpa ada fasilitas palangnya, yang itu perlu pengamanan langsung secara manual. Yakni perlintasan di Lingkungan Gerdu dan Pancuran di Kecamatan Wonogiri Kota, dan perlintasan di Desa Gemantar dan Sendang Ijo di Kecamatan Selogiri.

Di empat titik perlintasan sebidang tanpa palang pintu tersebut, ditugaskan masing-masing 5 personel Linmas. Utamanya pada jam-jam melintasnya KA Batara Kresna Wonogiri-Solo, yang setiap hari melakukan pelayanan masing-masing dua kali ke Wonogiri dan dua kali ke Solo.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Ismiyanto menyatakan, instansi yang dipimpinnya tidak dapat memberlakukan liburan panjang sebagaimana dinas yang lain. Hal ini erat dengan tugas pelayanan arus mudik dan arus balik serta pelayanan angkutan Lebaran. Selama musim keramaian Lebaran, Dishub mendirikan 8 pos, termasuk pos induk di Kantor Dishub yang dijaga petugas 24 jam nonstop setiap harinya. Bersamaan itu, juga diturunkan petugas lapangan untuk memasang rambu-rambu lalu lintas tambahan terkait dengan jalur alternatif di ruas jalan Sendang Ijo, Ngadirojo, Jatisrono, Purwantoro, Baturetno dan Pracimantoro serta wilayah Wonogiri Kota. (SMNet.Com/bp)

https://suaramerdekanet.com/2018/06/11/libur-panjang-lebaran-pelayanan-masyarakat-tetap-dilakukan/



Penulis : Dishub Kab Wonogiri
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kepala Dinas Perhubungan

ISMIYANTO, S.H., M.H.

Twitter Dishub Kab. Wonogiri

Facebook Dishub Kab. Wonogiri

Polling

Bagaimana menurut anda tentang penyampaian informasi di website ini?
  Sudah sesuai harapan
  Cukup sesuai harapan
  Belum sesuai harapan

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 142 pengunjung
Bulan Ini : 3696 pengunjung
Total: 60440 pengunjung
 
Hits Hari Ini : 472 kunjungan
Total Hits : 180845 kunjungan
 
Sedang Online : 26 pengunjung