INI RUTE SELAMA PERBAIKAN JEMBATAN JURANG GEMPAL

Tanggal Berita : 17 Agu 2019

INI RUTE SELAMA PERBAIKAN JEMBATAN JURANG GEMPAL

[WONOGIRI]-Pengguna jalan baik warga Wonogiri maupun luar Wonogiri diminta berhati-hati melintas di ruas jalan utama Wonogiri-Purwantoro. Khususnya Jembatan Jurang Gempal, Lingkungan Sanggrahan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Dimungkinkan di ruas Jalan Diponegoro sekitaran Lingkungan Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Wonogiri terjadi penumpukan di jam-jam sibuk.

Pasalnya jembatan lama Jurang Gempal akan direnovasi landasan jembatan mulai Senin (19/8). Walau di Wonogiri akan ada even besar HUT Pemprov jateng pada 23-25 Agustus dipastikan tidak akan mengganggu pelaksanaan kegiatan itu. Lelang pekerjaan sudah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah karena ruas jalan tersebut milik Pemprov Jateng.

Pelaksanaan pekerjaan akan selesai akhir Desember mendatang. Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Ismiyanto, SH, MPd ditemui Portalika.ID di Gedung DPRD Wonogiri disela-sela mengikuti acara mendengarkan pidato Presiden RI, Joko Widodo, Jumat (16/8).

Selama pelaksanaan rute kendaraan tidak diubah tetapi Pemkab Wonogiri telah menyiapkan jalur alternatif, seperti Jalur Lingkar Kota (JLK) apabila terjadi penumpukan kendaraan atau kemacetan.

Semua kendaraan dialihkan melintas di jembatan baru Jurang Gempal. Kendaraan dari arah timur atau Ngadirojo yang semula melintas jembatan lama selama pekerjaan bergabung di jembatan baru kemudian kembali ke jalur semula.

“Rapat koordinasi lintas sektoral sudah dilakukan, melibatkan pelaksana, Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas Polres Wonogiri, kelurahan, dinas terkait,” ujar Ismiyanto.

Lebih lanjut dia, menjelaskan 19 Agustus hingga akhir Desember 2019 akan ada pekerjaan penggantian landasan jembatan. Menurutnya pembatasa jalan di ujung timur dan ujung barat jembatan akan digempur. Penggempuran dimaksudkan agar lebar ruas jalan bisa dilalui dua kendaraan berpapasan. “Selama pekerjaan renovasi akan ada petugas pengatur lalu lintas di lokasi jembatan.”

Dia berharap para pekerja, pelajar maupun pegawai berangkat lebih pagi untuk menghindari kemacetan di ruas jalan tersebut agar tidak terlambat masuk sekolah dan masuk kerja. “Tidak ada perubahan jalur secara signifikan. Pengalihan jalur ke ruas JLK hanya dilakukan apabila ada kemacetan krusial,” tandasnya.

Berdasar pengamatan Portalika.ID dua spanduk pemberitahuan sudah dipasang dan ditempel di rangka besi jembatan melintang jalan dan mudah dibaca pengguna jalan. Mohon Doa Restu Pembangunan Jembatan “Jembatan Jurang Gempal Lama”Jembatan ditutup selama pembangunan mulai tanggal 19 Agustus 2019. Terpisah, seorang pengguna jalan, Hery Kisnowo, 50, warga Ngadirojo berharap selain petugas disiapkan barrier atau pemisah jalan di lokasi proyek.

Menurutnya, pemisah jalan dimaksudkan sebagai penghalang atau pembatas bagi pengguna jalan di ruas jalan yang telah ditentukan. Dia mencontohkan di ujung barat jembatan terdapat dua ruas jalan terpisah. Jalan Ir Soekarno atau patung taman Kemerdekaan RI, 1781945 digunakan pengguna jalan dari arah timur sedangkan Jalan Pemuda I diperuntukkan bagi pengguna jalan dari arah barat.

“Apabila tidak dipasang barrier dikhawatirkan pengguna akan nyelonong ke Jalan Pemuda karena posisi jalan lurus dengan jembatan baru dan terjadi kecelakaan,” ujarnya. (Trianto Hery Suryono)

 

Sumber : https://portalika.id



Penulis : Dishub Kab Wonogiri
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Gallery Foto Terbaru

IMG-20190822-WA0019.jpgIMG-20190822-WA0011.jpgIMG-20190823-WA0006.jpgIMG-20190823-WA0008.jpgIMG-20190823-WA0010.jpgIMG-20190723-WA0048.jpg
Lihat Semua Foto

Video Terbaru

Lihat Semua Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Kepala Dinas Perhubungan

ISMIYANTO, S.H., M.H.

Twitter Dishub Kab. Wonogiri

Facebook Dishub Kab. Wonogiri

Polling

Bagaimana menurut anda tentang penyampaian informasi di website ini?
  Sudah sesuai harapan
  Cukup sesuai harapan
  Belum sesuai harapan

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 62 pengunjung
Bulan Ini : 2748 pengunjung
Total: 65020 pengunjung
 
Hits Hari Ini : 144 kunjungan
Total Hits : 196367 kunjungan
 
Sedang Online : 14 pengunjung